Jangan Bersedih Karena Rezeki Sulit


Mengutip tulisan Muhammad Nuh (dakwatuna.com) "Rezeki dalam kehidupan manusia persis seperti air hujan terhadap tanaman. Ketika curah hujan cukup, tanaman pun kian menghijau, berbunga, dan akhirnya menghasilkan buah. Bedanya dengan tanaman, manusia mestinya tak perlu layu ketika rezeki tak kunjung turun."

Nah ngomongin masalah rezeki pastinya panjang lebar, mungkin nggak muat kalo diposting dalam satu tulisan saja. Tentunya kita sebagai hamba-Nya berusaha mencari rezeki setiap harinya, agar mendapat rezeki yang halal dan barokah. Barokah maksudnya apabila hasil yang kita dapat bernilai ibadah dan barokah di mata Allah sehingga bisa memenuhi kebutuhan, dan bermanfaat dunia dan akhirat. Namun bagi saya sendiri sudah 2 bulan belakangan ini, sepertinya jalan untuk mencari rezeki terganjal sedikit rintangan. Beberapa pekerjaan yang sudah deal dan ready (mengingat pekerjaan saya sebagai freelance desain), tiba-tiba terganjal masalah dan batal. Termasuk pekerjaan yang sudah setengah jalan, dengan alasan yang membuat bingung ?? dimundurkan...

Tentunya hal ini membuat hati saya bersedih...hanya pada-Mu Ya Rabb hamba serahkan masalah ini. Terkait dengan probem rezeki dan sesuai headline postingan kali ini saya mau berbagi buat teman-teman blogger "jangan bersedih". Simaklah apa yang ditulis
DR. Aidh Al-Qarni dalam karyanya La Tahzan Jangan Bersedih... 

Yang memberi rezeki itu hanya satu, Allah Swt. Seluruh rezeki hamba itu berada di sisi-Nya, dan Dia telah mengatur semua itu. Sebagaimana Allah berfirman:
 ”Dan, di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu,” (QS. Adz-Dzariyat: 22).

Jika kita tahu dan yakin bahwa yang memberikan rezeki itu adalah Allah Swt, maka mengapa kita harus menjilat, melakukan korupsi, dan menerima suap yang pada akhirnya itu merendahkan harga diri di hadapan orang lain hanya karena ingin memperoleh rezeki dari sesama manusia? Bukankah mereka juga mendapatkan rezeki juga dari Allah Swt? Allah Swt berfirman:
 ”Dan tidak ada suatu binatang melatapun di muka bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezeki,” (QS. Hud: 6).

Dalam firman-Nya tersebut sudah sangat jelas bahwa Allah Swt akan memberikan rezeki kepada makhluk-Nya di muka bumi ini, tidak hanya manusia bahkan binatang melatapun mendapatkan rezeki sesuai yang telah ditentukan oleh Allah Swt. Ini berarti kita tidak perlu khawatir akan rezeki yang akan kita peroleh selama kita berusaha untuk mendapatkannya. Sebagaiman firman Allah Swt:
”Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang Allah tahan maka tidak seorangpun yang sanggup untuk melepaskannya sesudah itu,” (QS. Fathir:2)

Nah begitu kutipan yang saya petik dari
La Tahzan Jangan Bersedih karya  DR. Aidh Al-Qarni. Buat teman-teman yang tertarik tentang kompleksnya masalah rezeki ini bisa membaca tulisan AA Gym "Penyumbat Saluran Rezeki" . Wallahu A’lam Bis showab semoga postingan ini bermanfaat.


[Ditulis oleh : Cekyan 7/09, Al Quran: Dudung.net]

Comments

0 Responses to "Jangan Bersedih Karena Rezeki Sulit"

Posting Komentar

Prakata

Aku hanyalah orang biasa, di blog ini hanya ingin berbagi tentang hal-hal sederhana. Semua materi yang disajikan hanya untuk konsumsi pribadi. Tetapi, bagi teman-teman blogger yang tertarik dengan content yang ada silakan dicopy-paste.

Artikel Terbaru

Feedburner Tegakkan Sunnah™

Tegakkan Sunnah™

↑ Tambahkan Headline ini pada Blog/Site kamu!


Masukkan email kamu disini:

Didukung oleh FeedBurner