Lalat Jatuh dalam Minuman

Pernah nggak kita mengalami, pas lagi enak minum eh ada lalat yang 'nangkring', di bibir gelas lalu si lalat masuk ke dalam minuman tadi. Apa tindakan yang harus kita lakukan? Membuang minum berikut lalatnya atau nggak jadi minum ??? 

Nah solusi permasalahan ini sudah dicontohkan oleh Rasūlullâh Shallâllâhu ’alaihi wa Sallam, beliau bersabda :
Khâlid bin Makhlid menceritakan kepada kami, Sulaimân bin Bilâl menceritakan kepada kami, beliau berkata : ’Utsbah bin Muslim bercerita kepadaku bahwa beliau berkata : ’Ubaid bin Hunain mengabarkan kepadaku bahwa beliau berkata : Aku mendengar Abū Hurairoh Radhiyallâhu ’anhu berkata : Rasūlullâh Shallâllâhu ’alaihi wa Sallam bersabda : ”Apabila seekor lalat jatuh ke dalam gelas salah seorang dari kalian, maka celupkanlah lalat itu lalu angkatlah (buanglah) karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap satunya terdapat obat.”.” [Shahîh al-Bukhârî, bâb Idzâ Waqo’a adz-Dzubâb fî Syarôbi Ahadikum, XI:99, hadîts no. 3073]
Di dalam hadist lainnya, Rasūlullâh Shallâllâhu ’alaihi wa Sallam bersabda : 
Qutaibah menceritakan kepada kami, Ismâ’îl bin Ja’far menceritakan kepada kami dari ’Utbah bin Muslim Maulâ (mantan budak) Banî Taim dari ’Ubaid bin Hunain Maulâ Banî Zuraiq dari Abu Hurairoh Radhiyallâhu ’anhu, bahwa Rasūlullâh Shallâllâhu ’alaihi wa Sallam bersabda : ”Apabila seekor lalat jatuh ke dalam wadah minum kalian, maka celupkanlah seluruh tubuhnya kemudian buanglah, karena sesungguhnya pada salah satu sayapnya terdapat obat dan pada sayap lainnya terdapat penyakit.” [Shahîh al-Bukhârî, bâb Idzâ Waqo’a adz-Dzubâb fîl Inâ`, hâdîts no. 5336, XVIII:79)
Lantas bagaimana tinjauan hadist ini lengkapnya blogger bisa membacanya blog abusalma, sedangkan dalam tulisan lain bisa didapat di blog ervakurniawan. Jadi, kalau kita lagi asyik ngopi atau ngetéh dan tiba-tiba seekor lalat terbang dan masuk dalam ke gelas kita ? Jawabannya sudah jelas bukan. Semoga tulisan yang sedikit mampu mengobarkan semangat kita untuk 'menegakkan sunnah'.
[By: Cekyan 6/09, tulisan dari berbagai sumber, photo: Keith Power, Toowoomba http://www.geocities.com/brisbane_flies/TACHINIDAE.htm]

Comments

0 Responses to "Lalat Jatuh dalam Minuman"

Posting Komentar

Prakata

Aku hanyalah orang biasa, di blog ini hanya ingin berbagi tentang hal-hal sederhana. Semua materi yang disajikan hanya untuk konsumsi pribadi. Tetapi, bagi teman-teman blogger yang tertarik dengan content yang ada silakan dicopy-paste.

Artikel Terbaru

Feedburner Tegakkan Sunnah™

Tegakkan Sunnah™

↑ Tambahkan Headline ini pada Blog/Site kamu!


Masukkan email kamu disini:

Didukung oleh FeedBurner