Apakah Kurban Wajib Atas Setiap Muslim?

Ntar lagi kita masuk bulan Dzulhijjah atau lebih dikenal dengan bulan Haji. Dimana umat Islam sedunia melaksankan perintah haji bagi yang mampu sementara bagi tidak melaksanakan haji, sebaiknya berqurban/kurban. Mengutip wikipedia Qurban atau Kurban (bahasa Arab قربن), atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual Qurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.  Nah untuk mewarnai semangat qurban di blog ini, berikut tanya jawab seputar qurban.
Pertanyaan:
Apakah berkurban adalah kewajiban atas setiap muslim?
Jawab:
Kurban adalah sembelihan yang dengannya seseorang mendekatkan diri kepada Allah di hari raya 'Idul Adha dan tiga hari setelahnya. Kurban itu termasuk ibadah yang paling utama, karena Allah telah menggandengkannya bersama shalat di dalam kitab-Nya. Allah Jalla  wa 'Alaa berfirman:

"Sesungguhnya kami telah memberikan kepadamu telaga Al Kautsar. Maka dirikanlah shalat demi Rabbmu dan menyembelihlah." (QS. Al Kautsar: 1-2)
Allah Ta'ala juga berfirman,

"Katakanlah: sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku, dan matiku untuk Allah Rabb alam semesta. Tak ada sekutu bagi-Nya, dengan yang demikian itulah aku telah diperintahkan, dan aku adalah orang yang pertama mempasrahkan diri (kepada Allah)." (QS. Al An'am: 162-163)

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah berkurban dengan dua kurban. Salah satunya bagi beliau dan ahli baitnya, sedangkan yang kedua bagi siapa saja yang beriman kepada beliau dari kalangan umatnya. Beliau telah mendorong dan memotivasi manuasia untuk berkurban. Semoga shalawat dan keselamatan dari Allah tercurah kepada beliau.

Para ulama rahimahumullah berselisih mengenai masalah apakah berkurban itu wajib atau tidak, di atas dua pendapat. Di antara mereka ada yang berpendapat bahwa berkurban adalah wajib atas setiap orang yang mampu.

Hal itu karena dalam perintah untuk berkurban yang terdapat di dalam kitab Allah 'Azza wa Jalla pada firman-Nya:

"Maka dirikanlah shalat demi Rabbmu dan menyembelihlah."(QS. Al Kautsar: 2)

Demikian pula karena yang diriwayatkan dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tentang orang yang menyembelih sebelum shalat (hari raya 'Idul Adha) bahwa hendaklah dia menyembelih setelah shalat. Juga diriwayatkan dari beliau (sabdanya),
"Barangsiapa yang mendapatkan kelapangan menyembelih, namun dia tidak menyembelih, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami."

Ini adalah madzhab Abu Hanifah, sebuah riwayat dari Al Imam Ahmad, dan pilihan Syiakhul Islam Ibnu Taymiyyah rahimahullah, di mana beliau pernah berkata:
"Sesungguhnya pendapat yang nyata yaitu berkurban adalah wajib dan barangsiapa yang mampu melakukannya namun tidak memperbuatnya, maka dia berdosa."
Sebuah perkara yang kondisinya demikian ini sudah sepantasnya merupakan sesuatu yang wajib dan diharuskan setiap orang yang mampu untuk memperbuatnya. Dengan demikian, pendapat yang menyatakan wajib lebih tampak daripada yang tidak wajib tetapi dengan syarat ada kemampuan.

Oleh sebab itu, tidak selayaknya seseorang meninggalkan berkurban selama dia mampu melakukannya. Akan tetapi hendaklah dia berkurban dengan seekor (kambing) bagi diri dan keluarganya.

Diambil dari Fatawa Nur 'alad Darb dengan nomor kaset:186 dan Syarh Zaadil Mustaqni' pada Kitabul Haj dengan nomor kaset:18, oleh Asy Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah)
*Ditulis ulang oleh Cekyan (11/09) dari buku Panduan Praktis Ibadah Kurban: Asy Syaikh Abdul Aziz bin Baaz, et.al. Penulis, Abdul Mu'thi Al Maidani, Penerjemah: Tim Al Husna, Terbitan Al Husna 2008.







Comments

0 Responses to "Apakah Kurban Wajib Atas Setiap Muslim?"

Posting Komentar

Prakata

Aku hanyalah orang biasa, di blog ini hanya ingin berbagi tentang hal-hal sederhana. Semua materi yang disajikan hanya untuk konsumsi pribadi. Tetapi, bagi teman-teman blogger yang tertarik dengan content yang ada silakan dicopy-paste.

Artikel Terbaru

Feedburner Tegakkan Sunnah™

Tegakkan Sunnah™

↑ Tambahkan Headline ini pada Blog/Site kamu!


Masukkan email kamu disini:

Didukung oleh FeedBurner